Pesawat AV-8B Harrier Jatuh Saat Latihan Militer Tahunan di Djibouti Tetapi Pilot Berhasil Menyelamatkan Diri

 Sebuah pesawat tempur AV-8B Harrier milik Korps Marinir AS (USMC) telah jatuh di Djibouti tidak lama setelah lepas landas dari Djibouti Ambouli International Airport sekitar jam 4 p.m. waktu setempat. Pesawat tersebut beroperasi sebagai bagian dari detasemen VMM-162, dari Unit Ekspedisi Marinir ke-26, yang berada di negara Afrika Timur untuk latihan perang amfibi tahunan “Alligator Dagger” selama 2 minggu. Pesawat Harrier tersebut ditugaskan di Marine Medium Tiltrotor Squadron 162 di 26th Marine Expeditionary Unit dan bertempat di USS Iwo Jima (LHD-7).

Sebagai akibat dari kecelakaan itu, 26th MEU menghentikan operasional 24-jam untuk operasi udara,tetapi sisa latihan Alligator Dagger akan terus berlangsung seperti yang telah dijadwalkan, kata seorang pejabat pertahanan AS kepada USNI News.
Pecinta Militer
AV-8B Harrier
Dilaporkan bahwa hidung pesawat AV-8B tersebut naik terlalu cepat ketika sedang lepas landas dari landasan pacu, sehingga pilot terpaksa melompat dengan kursi lontar untuk menyelamatkan diri. Belum diketahui pasti bagaimana kondisi pesawat tersebut, tetapi beberapa saksi melihat bahwa pilot pesawat tersebutberjalan sendiri menuju ambulan.
"Dokter mengatakan sang pilot dalam kondisi stabil saat dievaluasi di fasilitas medis ekspedisi Camp Lemonnier," Armada Kelima Angkatan Laut AS, yang juga bertindak sebagai komandan angkatan laut di Timur Tengah, atau Komando Sentral Angkatan Laut (Naval Forces Central Command / NAVCENT), memberi pernyataan seperti yang dilansir dari USNI News. "Tidak ada laporan cedera personil di lapangan atau kerusakan infrastruktur di bandara. Bandara terbuka.". Penyebab dari kecelakaan tersebut sampai saat ini masih dalam penyelidikan.
Pecinta Militer
AV-8B Harrier
Camp Lemonnier di Djibouti adalah satu-satunya pangkalan militer AS di Afrika dan merupakan rumah bagi lebih dari 3.000 personel yang dikerahkan, serta kontraktor dan unit militer sementara yang melakukan misi pelatihan, seperti Alligator Dagger, dan operasi jangka pendek lainnya. Detasemen jet taktis berotasi melalui pangkalan secara konsisten untuk operasi kontingensi dan untuk melakukan serangan udara di Yaman.

Sumber : news.usni.org