Kapal Perusak USS Mason Gagalkan Serangan Rudal C802 Pasukan Houthi

USS Mason Firing SM-2
USS Mason saat menembakkan rudal anti serangan udara SM-2 pada suatu latihan di bulan Maret 2016 lalu


HobbyMiliter.comSetelah menggagalkan serangan dari 2 unit rudal C802 yang diluncurkan oleh platform peluncuran darat milik pasukan Houthi pada hari Minggu, 9 Oktober 2016,USS Mason(DDG 87) kembali menjadi target serangan dari rudal C802 yang juga diluncurkan oleh pemberontak Houthi tersebut. Serangan kedua terjadi pada hari Rabu, 12 Oktober 2016 kemarin. Satu unit rudal diluncurkan dari pantai diwilayah Yaman yang dikuasai oleh pemberontak Houthi.

DalamPress Releaseseperti dilansir kantor berita Reuters, USS Mason menembakkan salvo rudal anti serangan udara untuk men cegat kedatangan rudal C802 tersebut. Rudal – rudal yang ditembakkan dari tabung peluncur vertikal di kapal perang tersebut berhasil menghancurkan rudal C802 yang sedianya akan menyerang kapal perang jenis Destroyertersebut.

Kapal perang jenis perusak dari kelas Arleigh Burke tersebut sedang menjalankan misi patroli rutin di kawasan perairan Bab Al Mandeb, saat serangan tersebut dilancarkan. Aksi defensif dilakukan dengan meluncurkan rudal anti serangan udara (kemungkinan yang diluncurkan adalah rudal SM2) untuk menghalau rudal C802 tersebut.

Sebelumnya, pada hari Minggu, 9 Oktober 2016 yang lalu, kapal tersebut telah menghalau serangan dari 2 unit rudal C802 yang ditembakkan juga oleh pasukan Houthi.USS Masonmerupakan sebuah kapal perang jenis perusak kelas Arleigh Burke yang mulai masuk dalam masa dinas aktif AL Amerika Serikat pada 12 April 2003. Kapal ini diperlengkapi dengan sistem deteksi Aegis dan beberapa lapis sistem senjata pertahanan udara mulai dari sistem decoy hingga rudal anti serangan udara danclose-in weapon system atau CIWS.